Minggu, 17 Mei 2015

KASUS SUMBER DAYA ALAM

KASUS SUMBER DAYA ALAM


Judul:
Dampak Penebangan Hutan Secara Liar 

            Akhir-akhir ini kondisi bumi sudah semakin memprihatinkan. Salah satunya terjadi akibat penebangan hutan secara liar yang dilakukan manusia. Tidak dapat dipungkiri bahwa sesungguhnya peran hutan begitu besar dalam kelangsungan hidup manusia.
            Seperti halnya yang kita ketahui bahwa hutan adalah paru-paru bumi, yang berfungsi sebagai filter udara kotor. Sehingga, jika hutan tumbuh subur, maka udara yang dihirup manusia menjadi bersih. Namun, dewasa ini banyak sekali manusia-manusia yang merusak hutan demi keuntungan pribadi semata. Tanpa izin pemerintah, mereka melakukan penebangan hutan secara liar.
            Tujuannya adalah untuk menjual kayu-kayu pepohonan di dalam negeri sendiri maupun diekspor hingga ke negara tetangga. Sekaligus untuk membuka lahan hutan menjadi lahan pembangunan.
            Dampak yang ditimbulkan dari penebangan hutan secara liar ini sangatlah buruk. Dampak yang terjadi adalah menimbulkan Bencana Longsor. Hutan-hutan yang ditebang tidak sanggup lagi menyerap air hujan. Ketika hujan deras, maka air akan tidak terserap oleh akar pohon dan tanah. Akibatnya, arus air akan menyeret tanah hingga menemukan tempat terendah (sesuai sifat air mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah). Dengan demikian tanah terkikis dan longsor. Selain itu dapat menimbulkan banjir.
            Hampir sama seperti sebelumnya, hutan yang ditebang akan memicu terjadinya banjir. Hal ini terjadi karena pepohonan membutuhkan air untuk proses kehidupannya. Ketika hujan turun, air akan diserap oleh tanah dan pohon sehingga tidak sempat menggenang terlalu lama.
            Dampak lainnya adalah Mencemarkan Udara tanpa pohon, udara menjadi tidak bersih dan sehat. Karbondioksida yang sesungguhnya tidak baik dihirup oleh manusia, menjadi tidak tertanggulangi lagi. Mengganggu Ekosistem juga salah satu akibat dari penebangan hutan karena perambahan hutan secara liar mengakibatkan terganggunya ekosistem di hutan dan merusak sumber daya alam.
            Hutan adalah tempat tinggal bagi kebanyakan hewan di muka bumi. Ketika hutan ditebang, maka ekosistem hewan-hewan di dalamnya akan terganggu. Akibatnya, beberapa jenis hewan akan mengalami kepunahan karena kemampuan mereka berkembang biak turut mengalami gangguan. Bukan hanya hewan, beberapa jenis tumbuhan pun mengalami hal yang serupa.

Sumber :
http://www.g-excess.com/dampak-penebangan-hutan-secara-liar.html
*       


Tidak ada komentar:

Posting Komentar