Minggu, 28 Juni 2015

Pertambangan

KAJIAN TEORI PERTAMBANGAN


Pertambangan  merupakan  suatu  aktivitas  penggalian,  pembongkaran  serta  pengangkutan suatu endapan mineral yang terkandung dalam suatu area berdasarkan  beberapa  tahapan  kegiatan  secara  efektif  dan  ekonomis  dengan  menggunakan peralatan  mekanis  serta  beberapa  peralatan  sesuai  dengan  perkembangan  teknologi  saat ini.
Hakikatnya  pembangunan  sector  pertambangan  dan  energy  mengupayakan suatu  proses  pengembangan  sumber  daya  mineral  dan  energi  yang  potensial  untuk dimanfaatkan secara hemat dan optimal bagi sebesar-besar kemakmuran rakyat. Sumber  daya  mineral  merupakan  suatu  sumber  daya  yang  bersifat  tidak terbaharui  (wasting  asset  or  un  renewable).  Oleh  karena  itu  penerapammya diharapkan mampu menjaga keseimbangan serta keselamatan kinerja dan kelestarian lingkuan hidup maupun masyarakat sekitar. Beberapa faktor yang mempengaruhi usaha pertambangan adalah sebagai berikut:
1.   Perubahan dalam sistem perpajakan.
2.   Kebijakan dalam lingkungan hidup.
3.   Keadaan ekonomi yang buruk.
4.   Harga endapan atau logam yang buruk.
5.   Keadaan politik yang tidak stabil.
Salim menyatakan bahwa usaha pertambangan terdiri atas usaha penyelidikan umum, eksplorasi, eksploitasi, pengolahan dan penjualan.
1. Penyelidikan  umum  merupakan  usaha  untuk  menyelidiki  secara  geologi umum atau fisika, di daratan perairan dan dari udara, segala sesuatu dengan maksud  untuk  membuat  peta  geologi  umum  atau  untuk  menetapkan  tandatanda adanya bahan galian pada umumnya.
2.  Usaha  eksplorasi  adalah  segala  penyelidikan  geologi  pertambangan  untuk menetapkanlebih teliti/seksama adanya sifat letakan bahan galian.
3. Usaha  eksploitasi  adalah  usaha  pertambangan  dengan  maksud  untuk menghasilkan bahan galian dan memanfaatkannya.
4. Usaha  pengolahan  dan  pemurnian  adalah  pengerjaan  untuk  mempertinggi mutu  bahan  galian  serta  untuk  memanfaatkan  dan  memperoleh  unsur-unsur yang terdapat pada bahan galian.
5. Usaha pengangkutan adalah segala usaha pemindahan bahan galian dan hasil pengolahan serta pemurnian bahan galian dari daerah eksplorasi atau tempat pengolahan/pemurnian.
6. Usaha penjualan adalah segala sesuatu usaha penjualan bahan galian dan hasil pengolahan/pemurnian bahan galian.
Berdasarkan  jenis  pengelolaannya,  kegiatan  penambangan  terdiri  atas  dua macam yaitu kegiatan penambangan yang dilakukan oleh badan usaha yang ditunjuk secara  langsung  oleh  negara  melalui  Kuasa  Pertambangan  (KP)  maupun  Kontrak Karya (KK), dan penambangan yang dilakukan oleh rakyat secara manual. Kegiatan penambangan oleh  badan usaha biasanya dilakukan dengan menggunakan teknologi yang  lebih  canggih  sehingga  hasil  yang  diharapkan  lebih  banyak  dengan  alokasi waktu  yang  lebih  efisien,  sedangkan  penambangan  rakyat  merupakan  aktivitas penambangan dengan menggunakan alat-alat sederhana.
Dalam  metode  tambang  terbuka  ini  tidak  hanya  terdapat  keuntungan  dalam setiap prosesnya  tetapi  juga  terdapat  kerugian  di  dalam  metode  ini.  Berikut  ini beberapa kerugian dari metode penambangan terbuka:
1.  Efesiensi kerja dapat menurun oleh faktor cuaca atau suhu yang tinggi.
2. Kedalaman penggalian terbatas karena semakin dalam penggalian maka akan semakin banyak volume tanah penutup yang tergali.
3.  Timbul masalah dalam penempatan pembuangan tanah penuntup yang cukup banyak.
4.  Tingkat pencemaran lingkungan semakin tinggi.
5.  Para  pekerja  langsung  dipengaruhi  oleh  keadaan  cuaca,  dimana  hujan  yang lebat atau suhu yang tinggi mengakibatkan efisiensi kerja menurun, sehingga hasil kerja juga menurun.
6.  Kedalaman  penggalian  terbatas,  karena  semakin  dalam  penggalian  akan semakin banyak tanah penutup (overburden) yang harus digali.
7.  Timbul  masalah  dalam  mencari  tempat  pembuangan  tanah  yang  jumlahnya cukup banyak.
8. Alat-alat mekanis letaknya menyebar.
9.  Pencemaran lingkungan hidup relatif lebih besar.
           

Sumber : eprints.ung.ac.id/.../2013-1-69201-281409044-bab2-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar