Jumat, 29 Maret 2013

Wawasan Nasional dan Teori Geopolitik Bangsa


WAWASAN NASIONAL DAN TEORI GEOPOLITIK BANGSA

Geopolitik berasal dari kata geo dan politik.Geo yang artinya bumi,geografi mempersoalkan tata ruang yaitu sistem atau aturan dalam hal menempati ruang di permukaan bumi yang memiliki kaitannya dengan interelasi antar manusia dengan lingkungan tempat hidupnya sedangkan politik artinya segala sesuatu yang berhubungan dengan pemerintahan.
Geopolitik sendiri membahas tentang geografi dan politik.Geopolitik adalah studi yang mengkaji masalah-masalah geografi,sejarah,dan ilmu sosial dengan berdasarkan politik internasional.
4 unsur pembangun geopolitik adalah:
1.         keadaan geografis
2.         politik dan strategi
3.         hubungan timbal balik antara geografi dan politik
4.         kebijaksanaan

Unsur utama geopolitik
1.      Konsepsi frontier (batas imajiner dari dua negara).
2.      Konsepsi politik kekuatan yang terkait dengan kepentingan nasional.
3.      Konsepsi keamanan negara dan bangsa sama dengan konsep ketahanan nasional.
4.      Konsepsi ruang.

Keadaan suatu negara akan selalu sejalan dengan kondisi dari kawasan geografis yang mereka tempati.Hal yang paling utama berpengaruh terhadap suatu negara adalah kawasan sekitar negara itu sendiri seperti negara tetangga.Terdapat 2 golongan negara yaitu:
1.         Negara determinis artinya ssemua hal yang bersifat politis secra mutlak tergantung dari keadaan bumi geografi.Negara ini berada diantara dua negara adidaya sehingga negara ini terpengaruh langsung oleh kebijakan politik luar negeri.
2.         Negara posibilitis artinya Negara ini letak geografisnya tidak berdekatan dengan negara raksasa sehingga tidak mendapat dampak terlalu besar dari negara raksasa.
Jadi letak geografi suatu negara sangat berpengaruh terhadap berbagai aspek penyelenggaraan negara seperti kebijakan politik luar negeri,hubungan dagang dan lain-lain.
Maka dari itu pula muncul organisasi-organisasi internasional yang beranggotakan  negara-negara yang berada dalam 1 kawasan tersebut atau dengan kata lain organisasi tersebut didirikan berdasarkan keberadaan dalam satu kawasan seperti contohnya :ASEAN,Masyarakat Ekonomi Eropa,dan lain-lain.Organisasi ini berperan dalam berbagai hal misalnya dalam usaha perdamaian dunia.Berikut peranan geopolitik adalah :
1.         Menghubungkan kekuasaan negara dengan potensi alam yang tersedia di kawasan wilayah negara tersebut.
2.         Menghubungkan kebijaksanaan suatu pemerintah dengan situasi dan kondisi alam
3.         Menentukan bentuk dan corak politik dalam dan luar negeri berdasarkan letak geografis suatu negara tersebut.
4.         Menggariskan pokok haluan negara.
5.         Menigkatkan posisi dan kedudukan suatu negara berdasarkan teori negara sebagai organisme
6.         Membenarkan tindakan-tindakan ekspansi yang dijalankan suatu negara
Teori-tori dalam geopolitik adalah teori pan Regioanlisme ialah penggabungan antara teori lebensraum dan teori autarkis menghasilkan teori  regionalisme.Teori ini memiliki pandangan bahwa negara merupakan organisme yang memilki kecerdasan intelektual serta memerlukan ruang hidup.Negara penganut teori ini adalah bangsa jerman pada perang duana 1.
Pandangan para pemikir politik :
1.      Friedrich Ratzel(1844-1904)
Tokoh ini menekankan pada teori ruang yang bermakna bangsa yang berdaya tinggi akan membutuhkan ruang hidup yang semakin meluas karena tuntutan kebutuhan sumberdaya yang tinggi dan akhirnya mendesak wilayah bangsa yang primitif.
2.      Rudolf Kjellen(1864-1922)
Tokoh ini menyebutkan bahwa negara adalah satuan politik yang menyeluruh serta sebagai satuan biologis yang memiliki intelektualitas dengan kekuatan yang dimiliki ia mampu mengeksploitasi negara primitif agar negaranya berswasembada.Teori ini disebut teori kekuatan atau darwinisme sosial.
3.      Karl Haushover(1869-1946)
Teori pan Regional,empat kawasan benua adalah untuk menjadi jaya,bangsa harus mampu menguasai benua-benua di dunia yang dibagi atas empat kawasan benua dan masing-masing dipimpin satu bangsa.Negara yang menganut teori ini adalah pan amerika,asia timur,rusia india,eropa afrika.
4.      Sir Halford Mackinder(1861-1947)
Teori wawasan benua adalah bila ingin menguasai dunia,bangsa harus menguasai daerah jantung dan untuk itu diperlukan kekuatan darat yang memadai.Daerah jantung itu terdiri dari rusia,siberia,sebagian mongolia.
Daerah bulan sabit dalam (eropa barat, eropa selatan, timur tengah, asia selatan, asia timur) dan Bulan sabit luar (afrika, australia, amerika, benua baru)
5.      Sir Walter Raleigh (1554-1618) dan Alfred T. Mahan (1840-1914)
Teori Kekuatan Maritim adalah armada laut yang kuat akan menjadi sumber kekuatan.  
6.      Giulio Douhet (1869-1930) dan William Mitchel (1989-1936)
Bahwa kekuatan udara mampu beroperasi hingga garis belakang lawan serta kemenangan akhir ditentukan oleh kekuatan udara.
7.      Nicholas J. Spijkman (1893-1943)
Teori Daerah Batas adalah penguasaan daerah jantung harus ada akses ke laut dan hendaknya menguasai pantai sepanjang Eurasia.


Wawasan Nusantara
Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa indonesia mengenai diri dan bentuk geografinya berdasarkan pancasila dan UUD 1945.
Dalam pelaksanaannya wawasan nusantara mengutamakan  kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan untuk mencapai tujuan nasional.
Falsafah Pancasila
Nilai-nilai pancasila memjadi dasar pengembangan wawasan nusantara.Nilai-nilai pancasila adalah :
1.Penerapan HAM
2.Mengutamakan kepentingan masyarakat dari pada individu atau golongan
3.Pengambilan keputusan berdasarkan musyawarah untuk mufakat.
Aspek kewilayahan nusantara
Pengaruh geografi merupakan suatu fenomena yang perlu diperhitungkan karena Indonesia kaya dengan SDA dan suku bangsa.
Aspek sosial budaya
Indonesia terdiri atas beragam suku bangsa yang masing-masing memiliki adat istiadat,bahasa,agama,dan kepercayaan yang berbeda-beda sehingga tata kehidupan nasional yang berhubungan dengan interaksi antargolongan mengandung potensi konflik yang besar mengenai beragam budaya.
Aspek Sejarah
Indonesia diwarnai oleh pengalaman sejarah yang tidak menginginkan  terjadinya perpecahan sebab kemerdeekaan Indonesia sekarang ini merupakan hasil semangat persatuan rakyat indonesia.
Fungsi wawasan nusantara
1.Sebagai konsepsi ketahanan nasional  yaitu wawasan nusantara dijadikan konsep dalam pembangunan nasional, pertahanan keamanan, dan kewilayahan.
2.sebagai wawasan pembangunan yang mempunyai cakupan kesatuan politik,ekonomi,kesatuan sosial politik dan pertahanan dan keamanan.
3.sebagai wawasan pertahanan dan keamanan negara merupakam pandangan geopolitik indonesia sebagai satu kesatuan yang mencakup seluruh wilayah dan segenap kekuatan negara.
4.sebagai wawasan kewilayahan yang berfungsi dalam pembatasan negara supaya tidak terjadi sengketa dengan negara tetangga.
Tujuan wawasan nusantara:
1.Tujuan nasional yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945.
2.Tujuan ke dalam adalah mewujudkan kesatuan segenap aspek kehidupan baik alamiah maupun sosial sehingga dapat disimpulkan bahwa tujuan bangsa indonesia adalah menjunjung tinggi kepentingan nasional.













              wikipedia

.   



Tidak ada komentar:

Posting Komentar