Minggu, 07 Oktober 2012

tugas 1 IBD (Etika memposting tulisan via internet)


Etika Memposting Tulisan Via Internet

Menulis merupakan salah satu cara untuk menuangkan segala pikiran baik dalam bentuk tulisan ilmiah, ilmu pengetahuan,puisi,cerita pendek,dan sebagainya.
Lewat tulisan yang disalurkan via internet kita dapat berbagi cerita dan pengalaman dengan sesama pengguna internet. Banyak aplikasi web yang digunakan untuk memposting tulisan seperti jejaring sosial yang sekarang sudah menjadi trend.
Tak hanya lewat jejaring sosial,dewasa ini blog juga menjadi sesuatu yang sudah tak asing lagi bagi semua orang yang hobi menulis.Blog merupakan suatu aplikasi web yang bermanfaat untuk menyalurkan pikiran dan inspirasi lewat tulisan. Blog pertama kali dipopulerkan oleh blogger.com yang dimiliki oleh pyra lab diakusisi oleh google.com pada akhir tahun 2002 lalu.Setelah itu banyak aplikasi terbuka untuk perkembangan para penulis blog.
Blog memiliki banyak fungsi seperti mencurahkan segala pikiran dan isi hati,melakukan promosi,pengilklanan,dan lain-lain.Tak sedikit orang yang mencurahkan isi hati dan perasaan nya ke dalam tulisan via internet.Tetapi banyak hal yang harus diketahui sebelum memposting tulisan.Forum-forum internet seperti blog sering menjadi permasalahan karena isi posting yang berupa tulisan mengandung hal-hal yang negatif.
Hal itu biasa disebabkan karena kurangnya etika dalam menulis.Kebebasan untuk memposting tulisan merupakan hak setiap orang tetapi kita tetap harus memperhatikan etika ,aturan,dan norma. Kita harus membudayakan kebebasan yang bertanggung jawab yang berarti kita memiliki kebebasan tetapi tidak merugikan pihak lain .
Dalam memposting tulisan via internet,etika merupakan hal utama yang harus diperhatikan dalam melakukan segala hal karena kita sebagai manusia yang berbudaya timur yang tidak lepas dari norma dan aturan atau kaidah yang berlaku. Terlebih lagi pemerintah telah mengeluarkan UU ITE yaitu undang-undang yang mengatur  etika dalam berbagi informasi untuk publik di internet.
Etika memposting tulisan di internet juga termasuk sopan santun yang sangat harus diperhatikan dalam memposting tulisan ataupun kata-kata di dunia maya dan jejaring sosial .
Ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam memposting tulisan via internet diantaranya:
1.     Tulisan yang diposting berisi hal yang positif,tidak mengandung unsur yang negatif.
2. Tulisan yang diposting tidak bermaksud untuk mencemarkan nama baik       sesorang,lembaga,maupun institusi karena kita bisa dijerat hukum.
3.    Tidak boleh menjiplak tulisan atau artikel orang lain,tetapi jika ingin mengutip harus   mencantumkan sumber.
4.     Tidak boleh menghina agama.
5.   Jika ingin memposting tulisan yang berisi curahan isi hati dan perasaan ,sebaiknya   tidak berlebihan.
6.     Sebaiknya buat tulisan yang berbobot dan bermanfaat untuk dibaca orang lain.
7.     Menggunakan bahasa yang sopan
8.     Bebas berkarya tetapi tidak merugikan pihak manapun
9.     Tidak menyinggung SARA.
10.Tulisan tidak berbau seks dan pornografi

Sumber,Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Blog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar