Senin, 08 Oktober 2012

Pengantar Ilmu Budaya Dasar



1.Hakikat dan ruang lingkup ilmu budaya dasar

Hakikat ilmu budaya dasar adalah ilmu yang mempelajari konsep-konsep yang berisi kajian tentang manusia dan kebudayaan. Pada awalnya sebenarnya ilmu budaya dasar  muncul sebagai pengganti istilah basic humanities yang berasal dari bahasa inggris yaitu kata the humanities.The Humanities sendiri berasal dari bahasa latin  yaitu humnus  yang berarti manusia,berbudaya,dan halus. Jadi dengan mempelajari ilmu budaya dasar seseorang diharapkan akan menjadi manusia yang berbudaya yang halus dan sopan.
The humanities merupakan pengetahuan budaya yang terdiri dari keahlian,filsafat,dan berbagai macam seni.Sedangkan ilmu budaya dasar atau basic humanities yang identik dengan konsep-konsep dasar pengetahuan yang mengkaji masalah manusia dan kebudayaan.
Ruang lingkup ilmu budaya dasar adalah
-Berbagai segala aspek masalah manusia dengan kebudayaan yang dapat didekati dengan pengetahuan dan konsep basic humanities.Jadi ilmu budaya dasar  melingkupi teori-teori tentang budaya untuk mengkaji masalah-masalah kebudayaan
-Hakikat manusia yang bersifat satu dan universal.Atinya yang beraneka ragam hanyalah kebudayaan nya yang berada sesuai zaman dan tempatnya.Selain itu  manusia juga menempati posisi sentral dalam kajian ilmu budaya dasar.
Ruang lingkup yang disajikan dari IBD antara lain :
1. Manusia dan pandangan hidup
2. Manusia dan keindahan
3. manusia dan keadilan
4. Manusia dan cinta kasih
5. Manusia dan tanggung jawab
6. Manusia dan kegelisahan
7. Manusia dan harapan

2. Ilmu budaya dasar sebagai mata kuliah berkehidupan bermasyarakat dan pendidikan umum

- Ilmu budaya dasar atau IBD merupakan cakupan dari ilmu sosial budaya dasar atau yang lebih dikenal dengan sebutan ISBD  yang merupakan kelompok mata kuliah berkehidupan bermasyarakat atau MBB di perguruan tinggi.
Berdasarkan UU MENPEN RI nomor 232/U/2000 yang berisi pedoman penyusunan kurikulum pendidikan tinggi dan penilaian hasil belajar mahasiswa,maka cakupan pembelajaran yang dirumuskan dalam kurikulum diantarnya sebagai berikut:

a. Kelompok matakuliah pengembangan pribadi
b. Kelompok matakuliah keilmuan dan keterampilan
c. Kelompok matakuliah keahlian berkarya
d. Kelompok matakuliah perilaku berkarya
e. Kelompok matakuliah berkehiduapan bermasyarakat.
Jadi ilmu budaya dasar merupakan Mata kuliah berkehidupan bermasyarakat karena mata kuliah ini akan membekali mahasiswa berupa  kemampuan dasar tentang pemahaman, pemaknaan dan penerapan nilai-nilai dasar kemanusiaan  dalam kehidupan sehingga lulusan perguruan tinggi dapat menempatkan diri dengan baik dalam keluarga,bermasyarakat, dan bernegara .Selain itu Mata kuliah berkegidupan bermasyarakat pun bertujuan untuk memberikan landasan berfikir, bersikap dan bertindak agar lulusan perguruan tinggi menjadi manusia yang memiliki kepribadian yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan yang Maha Esa, berahlak mulia, sehat rohani dan jasmani, cerdas, trampil, mandiri, memiliki jati diri, serta memiliki rasa tanggung jawab kemanusiaan dan kebangsaan.
Mata kuliah ilmu budaya dasar sebagai mata kuliah berkehidupan bermasyarakat  menjadi dasar dari semua mata kuliah.Mata kuliah ini bertugas sebagai pengontrol sikap dan perilaku mahasiswa dalam bertindak dan berperilaku di dalam masyarakat sehingga akan terbentuk mahasiswa dan lulusan perguruan tinggi  yang berkarakter,berbudi luhur dan berintelektual.
-Ilmu budaya dasar sebagai program pendidikan umum
Ilmu budaya dasar yang meruapakan cakupan dari Ilmu sosial budaya dasar yang  merupakan sebagai mata kuliah program pendidikan umum karena mata kuliah ini bertujuan untuk mendidik dan mengembangkan kemampuan personal mahasiswa. Kemempuan personal adalah kemempuan yang menunjukan sikap,perilaku,dan komunikasi dalam interaksi sosial ,selain itu juga kemempuan personal mengacu pada mental dan emosi seseorang. Oleh karena itu dengan adanya mata kuliah ini mahasiswa dan lulusan perguruan tinggi dapat berkomunikasi,bersikap,berinteraksi, berperilaku dengan baik dalam masyarakat atau bernegara ,dan dapat membangun kecerdasan emosi yang baik serta mental yang tangguh.

3.Ilmu budaya dasar sebagai alternatif pemecahan masalah sosial budaya

Ilmu budaya dasar yang merupakan cakupan dari ilmu sosial budaya dasar adalah ilmu yang mengajarkan konsep-konsep dasar sosial budaya sehingga melalui ilmu tersebut mahasiswa dapat menganalisis dan mengkaji berbagai permasalahan mengenai sosial budaya dan dapat mencari solusi dari permasalahan sosial budaya.

4.Jelaskan perbedaan ilmu sosial dasar dan ilmu budaya dasar
Ilmu budaya dasar adalah ilmu yang adalah ilmu yang mempelajari konsep-konsep yang berisi kajian tentang manusia dan kebudayaan.
Ilmu sosial dasar adalah ilmu yang mengkaji masalah-masalah sosial dengan menggunakan konsep-konsep pengetahuan ilmu-ilmu sosial.
Ruang lingkup dari ISD adalah sebagai berikut :
1. Individu,keluarga,dan masyarakat.
2. Masyarakat kota dandesa
3. Masalah penduduk
4. Pelapisan social
5. Pemuda dan sosialisasi
6. Ilmu pengetahuan,teknologi,dan kemiskinan

Sumber/referensi :
http://shidiqarafat.blogspot.com/2011/12/kemampuan-akademis-profesional-dan.html
Soelaeman,munandar.1992.Ilmu budaya dasar suatu pengantar.bandung.Erresco.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar